TUGAS AKHIR
M2 BAHASA INDONESIA
Fajar Pratama S.Pd. (19051602710365)
Kelas C
Setelah
Anda mempelajari semua materi Modul 2 dari Kegiatan Belajar 1 sampai dengan
Kegiatan Belajar 4 untuk menambah pemahaman Anda tentang materi,tersebut
kerjakanlah tugas di bawah ini.
- Kembangkanlah ide pokok tentang "peranan penting pembelajaran
Bahasa Indonesia di SD" menjadi sebuat teks tulisan minimal
terdiri atas dua pargaraf, lalu analisis contoh fonem, morfem, imbuhan,
kata depan, kata majemuk, frase, dan kalimat dari teks tersebut!
- Analisislah contoh Kompetensi Dasar
dalam Kurikulum 2013 yang muatan materinya berkaitan dengan membaca,
menulis, berbicara, menyimak, dan sastra anak.
- Pilihlah salah satu KD yang
berkaitan dengan membaca, menulis, menyimak, berbicara, dan sastra anak
kemudian rumuskan contoh langkah-langkah pembelajaran dengan menerapkan
pendekatan whole language di sekolah dasar.
Jawaban no.1
a.
Mengembangkan ide pokok tentang “peranan
penting pembelajaran Bahasa Indonesia di SD" menjadi teks tertulis.
Peranan
Penting Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD
Bahasa
Indonesia adalah bahasa nasional pemersatu bangsa di negara kita. Dengan bahasa
Indonesia kita dapat berkomunikasi dengan suku,ras, dan budaya yang berbeda di
seluruh Indonesia. Pentingnya peranan bahasa Indonesia tidak lepas dari ikrar
ketiga Sumpah Pemuda 1928 dan pasal 36 UUD 1945. Oleh karena itu, pembelajaran
bahasa Indonesia juga sangat penting dilakukan di SD. Secara umum bahasa
memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional
peserta didik. Bahasa merupakan penunjang keberhasilan peserta didik dalam
mempelajari semua bidang studi. Dengan pembelajaran bahasa sejak dini,
diharapkan tidak ada lagi seseorang
yang buta huruf, semua menjadi manusia yang melek huruf dan berwawasan tinggi bagi bangsa Indonesia.
Pada
dunia pendidikan bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pengantar, terutama
dalam proses belajar mengajar. Selain itu dengan pembelajaran bahasa Indonesia
peserta didik diharapkan mampu berkomunikasi secara efektif dan efisien,
menjadi generasi muda yang memiliki etika baik sopan santun, Menghargai dan bangga menggunakan bahasa
Indonesia, mengunakan bahasa Indonesai dengan tepat dan kreatif untuk berbagai
tujuan, menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual
serta kematangan emosional dan sosial, memanfaatkan karya sastra untuk
memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan
dan kemampuan berbahasa.
b.
Menganalisis contoh fonem, morfem,
imbuhan, kata depan, kata majemuk, frase, dan kalimat dari teks "peranan penting pembelajaran Bahasa
Indonesia di SD"
1. Analisis
contoh fonem pada bacaan tersebut /l/ dan /b/ pada kata lagi dan bagi.
2. Analisis
contoh morfem pada bacaan tersebut adalah untuk, muda, buta, bangga.
3. Analisis
contoh imbuhan pada bacaan tersebut adalah meningkatkan,
memanfaatkan,mempelajari,berkomunikasi.
4. Analisis
contoh kata depan pada bacaan adalah di negara, pada dunia, digunakan.
5. Analisis
contoh kata majemuk pada bacaan adalah
sopan santun, budi pekerti.
6. Analisis
contoh frase pada bacaan adalah sumpah pemuda, buta huruf, melek huruf.
7. Analisi
contoh kalimat pada bacaan adalah Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional
pemersatu bangsa di negara kita.
Jawaban
no. 2
Menganalisis
contoh Kompetensi Dasar dalam Kurikulum 2013 yang muatan materinya berkaitan
dengan membaca, menulis, berbicara, menyimak, dan sastra anak.
Contoh kelas 1
semester 1 kurikulum 2013 KD:
1.1
Membedakan
berbagai bunyi bahasa
2.1
Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
3.1 Membaca
nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
4.1 Menjiplak
berbagai bentuk gambar, lngkaran, dan bentuk huruf
5.2 Menyebutkan
isi dongeng
6.1
Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah
dimengerti
Jawaban no. 3
Memilih
salah satu KD yang berkaitan dengan membaca, menulis, menyimak, berbicara, dan
sastra anak kemudian rumuskan contoh langkah-langkah pembelajaran dengan
menerapkan pendekatan whole language di sekolah dasar.
Kompetensi
Dasar
6.1 Menjelaskan
isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah
dimengerti.
Langkah-langkah pembelajaran
dengan pendekatan whole language
a.
Tahap Persiapan
Guru harus mengetahui
konsep pembelajaran dan langkah-langkah pembelajarannya. Guru juga harus
mempersiapkan bahan dan materi pembelajarannya
b.
Tahap pelaksanaan
Guru melaksanakan
pembelajaran dengan memadukan keterampilan bahasa sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran yang telah dipersiapkannya
c.
Tahap evaluasi
Guru melakukan evaluasi
secara menyeluruh terhadap hasil kerja siswa
Contoh pendekatan language
Ketika
pembelajaran dengan melihat sebuah gambar, yaitu:
a.
Guru meminta siswa untuk menyimak gambar yang dilihat oleh siswa pada buku.
b. Kemudian, guru meminta siswa untuk menuliskan maksud gambar
tersebut.
c. Lalu, siswa diminta untuk membacakan apa yang telah ditulisnya
tersebut.
d. Setelah itu, guru melakukan koreksi terhadap hasil kerja siswa,
mulai dari penggunaan kata dan kalimat sederhana yang tepat, memperhatikan
letak dan penggunaan huruf capital, ejaan, dan tanda baca yang tepat.
e. Terakhir, siswa diminta untuk memperbaiki hal-hal yang masih
keliru dari hasil kerjanya tesebut.
Dari kegiatan
ini, siswa dapat juga mendapatkan pengetahuan dan melakukan penilaian terhadap
hasil kerjanya dengan hasil kerja teman-temannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar