Kamis, 13 Juni 2019

Tugas Akhir Modul 2 Bahasa Indonesia


TUGAS AKHIR
M2 BAHASA INDONESIA
Fajar Pratama S.Pd. (19051602710365)
Kelas C

Setelah Anda mempelajari semua materi Modul 2 dari Kegiatan Belajar 1 sampai dengan Kegiatan Belajar 4 untuk menambah pemahaman Anda tentang materi,tersebut kerjakanlah tugas di bawah ini.
  1. Kembangkanlah ide pokok tentang "peranan penting pembelajaran Bahasa Indonesia di SD" menjadi sebuat teks tulisan minimal terdiri atas dua pargaraf, lalu analisis contoh fonem, morfem, imbuhan, kata depan, kata majemuk, frase, dan kalimat dari teks tersebut!
  2. Analisislah contoh Kompetensi Dasar dalam Kurikulum 2013 yang muatan materinya berkaitan dengan membaca, menulis, berbicara, menyimak, dan sastra anak.
  3. Pilihlah salah satu KD yang berkaitan dengan membaca, menulis, menyimak, berbicara, dan sastra anak kemudian rumuskan contoh langkah-langkah pembelajaran dengan menerapkan pendekatan whole language di sekolah dasar.
Jawaban no.1
a.    Mengembangkan ide pokok tentang “peranan penting pembelajaran Bahasa Indonesia di SD" menjadi teks tertulis.

Peranan Penting Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD

            Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional pemersatu bangsa di negara kita. Dengan bahasa Indonesia kita dapat berkomunikasi dengan suku,ras, dan budaya yang berbeda di seluruh Indonesia. Pentingnya peranan bahasa Indonesia tidak lepas dari ikrar ketiga Sumpah Pemuda 1928 dan pasal 36 UUD 1945. Oleh karena itu, pembelajaran bahasa Indonesia juga sangat penting dilakukan di SD. Secara umum bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik. Bahasa merupakan penunjang keberhasilan peserta didik dalam mempelajari semua bidang studi. Dengan pembelajaran bahasa sejak dini, diharapkan tidak ada lagi seseorang yang buta huruf, semua menjadi manusia yang melek huruf dan berwawasan tinggi bagi bangsa Indonesia.
                Pada dunia pendidikan bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pengantar, terutama dalam proses belajar mengajar. Selain itu dengan pembelajaran bahasa Indonesia peserta didik diharapkan mampu berkomunikasi secara efektif dan efisien, menjadi generasi muda yang memiliki etika baik sopan santun,  Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia, mengunakan bahasa Indonesai dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan, menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual serta kematangan emosional dan sosial, memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.

b.    Menganalisis contoh fonem, morfem, imbuhan, kata depan, kata majemuk, frase, dan kalimat dari teks "peranan penting pembelajaran Bahasa Indonesia di SD"
1.      Analisis contoh fonem pada bacaan tersebut /l/ dan /b/ pada kata lagi dan bagi.
2.      Analisis contoh morfem pada bacaan tersebut adalah untuk, muda, buta, bangga.
3.      Analisis contoh imbuhan pada bacaan tersebut adalah meningkatkan, memanfaatkan,mempelajari,berkomunikasi.
4.      Analisis contoh kata depan pada bacaan adalah di negara, pada dunia, digunakan.
5.      Analisis contoh  kata majemuk pada bacaan adalah sopan santun, budi pekerti.
6.      Analisis contoh frase pada bacaan adalah sumpah pemuda, buta huruf, melek huruf.
7.      Analisi contoh kalimat pada bacaan adalah Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional pemersatu bangsa di negara kita.

Jawaban no. 2
Menganalisis contoh Kompetensi Dasar dalam Kurikulum 2013 yang muatan materinya berkaitan dengan membaca, menulis, berbicara, menyimak, dan sastra anak.
Contoh kelas 1 semester 1 kurikulum 2013 KD:
1.1  Membedakan berbagai bunyi bahasa
2.1 Memperkenalkan diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
4.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar, lngkaran, dan bentuk huruf
5.2 Menyebutkan isi dongeng
6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti
Jawaban no. 3
Memilih salah satu KD yang berkaitan dengan membaca, menulis, menyimak, berbicara, dan sastra anak kemudian rumuskan contoh langkah-langkah pembelajaran dengan menerapkan pendekatan whole language di sekolah dasar.

Kompetensi Dasar
6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
Langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan whole language
a.   Tahap Persiapan
Guru harus mengetahui konsep pembelajaran dan langkah-langkah pembelajarannya. Guru juga harus mempersiapkan bahan dan materi pembelajarannya
b.   Tahap pelaksanaan
Guru melaksanakan pembelajaran dengan memadukan keterampilan bahasa sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang telah dipersiapkannya
c.   Tahap evaluasi
Guru melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap hasil kerja siswa

Contoh pendekatan language

Ketika pembelajaran dengan melihat sebuah gambar, yaitu:
a. Guru meminta siswa untuk menyimak gambar yang dilihat oleh siswa pada buku.
b. Kemudian, guru meminta siswa untuk menuliskan maksud gambar tersebut.
c.  Lalu, siswa diminta untuk membacakan apa yang telah ditulisnya tersebut.
d. Setelah itu, guru melakukan koreksi terhadap hasil kerja siswa, mulai dari penggunaan kata dan kalimat sederhana yang tepat, memperhatikan letak dan penggunaan huruf capital, ejaan, dan tanda baca yang tepat.
e. Terakhir, siswa diminta untuk memperbaiki hal-hal yang masih keliru dari hasil kerjanya tesebut.
            Dari kegiatan ini, siswa dapat juga mendapatkan pengetahuan dan melakukan penilaian terhadap hasil kerjanya dengan hasil kerja teman-temannya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Saya Adalah Seorang Guru Sukwan dan juga Guru Les Privat sebuah Bimbingan Belajar yang saya bangun sendiri. Saya juga Hoby Bermain Youtube , kalian bisa mengunjungi youtube saya. Fajar Pratama Channel dan Mobagaming112